Senin, 01 Februari 2016

Ketahui Faktor-Faktor Minat Belajar

Minat belajar merupakan salah satu faktor internal yang sangat penting untuk menunjang prestasi belajar anak. Bagi siswa yang kurang mememiliki minat belajar, maka akan memiliki sikap malas, dan kurang simpatik terhadap buku, dan tidak bergairah dalam proses belajar mengajar. Hal ini tentu tidak dapat dibiarkan berlarut-larut karena jika dibiarkan maka akan berdampak pada kehidupannya di masa yang akan datang dengan sikap malas yang melekat.
Untuk itu sangat penting dalam membangun minat belajar anak agar ia dapat mampu mengembangkan potensinya demi keberlangsungan kehidupannya yang mandiri. Untuk itu diperlukan upaya dalam merangsang minat belajar anak agar mampu menarik perhatiannya dalam pembelajaran yang diberikan. Maka dari itu sebuah pembelajaran yang menarik harus mampu diciptakan. Karena setiap anak tentu akan sangat menyukai hal apapun yang berbau menarik. Sehingga dapat diharapkan mampu meningkatkan minat belajar anak.
Minat belajar ini memang terlihat remeh namun sebenarnya kompleks. Minat belajar adalah kecenderungan seseorang yang berasal dari luar maupun dalam yang mampu mendorong  untuk merasa tertarik pada suatu hal, sehingga menjadikannya terarah pada hal tersebut dan mampu membuatnya senang.
Maka dari itu tidak hanya orang tua ataupun guru haruslah mengeathui faktor apa saja yang mampu meningkatkan minat bealajar sang anak:
1.      
     
Minat Belajar biMBA AIUEO
Perasaan senang/Fun Learning
Sangat penting untuk memberikan sang anak perasan senang disaat belajar. Karena jika anak mempelajari suatu hal dan mereka bisa larut dan tenggelam dalam perasaan senang, maka mereka tidaka kan terpaksa dalam belajar. Dengan begitu mereka tidaka akn merasa terbebani dan menjadikan belajar sebagai hal yang berat untuk dilakukan. Sehingga anak akan mampu meningkatkan potensi dari hasil beajar yang menyennagkan. Untuk itu sangat pentig dalam memperhatikan apa yang menjadi kesenangan dalam belajar.  Karena bagaimanapun juga sebuah pendidikan memang seharusnya dapat menyenangkan dan tidak menjadikan beban pada anak.

       Ketertarikan anak
Minat Belajar biMBA AIUEO
Selain itu faktor minat belajar anak lainnya yang juga perlu diperhatikan adalah ketertarikan anak. Tidak dapat dipungkiri jika anak memang sering merasa teralihkan dengan hal lain jika mereka memang tidak menyukai belajar. Untuk itu dengan mengenali ketertarikan anak dengan beberpaa benda atau objek yang bisa menahan perhatiannya akan sangat membantu dalam memaksimalkan belajar anak. Salah satu caranya adalah dengan memberikan suasan yang menyenangkan dan ceria serta tempat atau ruang belajar yang nyaman dan atraktif misal dengan banyak tempelan dinding yang memotivasi dan warna warni.

3.      Perhatian anak
Meski terlihat remeh perhatian sangatlah penting karena perhatian adalah konsentrasi atau aktivitas terhadap pengamatan pengertian dengan mengesampingkan aktivitas perhatian yang lain. Setiap anak memiliki minat belajar pada suatu obyek tertentu, dengan sendirinya anak akan memperhatikan suatu obyek tersebut. Untuk sangatlah penting mempertahankan perhatian anak terhadap apa yang dipelajari. Untuk menjaga perhatian anak diperlukan sebuah pengajaran yang menyenangkan dan terfokus, dengan begitu perhatian anak tidak akan mudah teralihkan.

4.      Keterlibatan anak
Tidak hanya orang tua ataupun guru yang terlibat dalam sebuah pengajaran justru proses transfer ilmu akan jauh lebih berhasil jika anak juga ikut terlibat aktif dan mengambil andil dalam proses belajar. Keterlibatan anak dapat dipicu dengan tetap menjaga perhatiannya pada sebuah pembelajaran. Untuk itu dibutuhkan kreativitas dalam penyampaian materi pembelajaran yang dapat memicu peran anak untuk ikut terlibat aktif dan antusias pada saat proses belajar.

5.      Mengetahui kelemahan anak
Tidak hanya itu saja, untuk merangsang minat baca anak, juga dapat dilakukan dengan mengetahui kelemahan anak.  Hal ini berguna untuk mengenali kelemahan anak yang menjadikannya enggan dan malas untuk belajar. Dengan mengetahui kelemahan anak, tentu butuh upaya lebih unuk dapat membangkitkan semangat belajarnya dengan lebih memahami materi pembelajaran. Sehingga anak akan mencapai pemahaman yang baik dan mampu mengembangkan potensi dengan maksimal.

Memang hal remeh yang telah menjadi kompleks ini tidak dengan begitu saja mudah diatasi. Untuk itu dalam meningkatkan minat baca anak, maka haruslah mengetahui faktor apa saja yang dapat merangsang minat baca anak.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar