Solusi yang Tepat untuk Meningkatkan Minat Belajar Anak ~ biMBA AIUEO Cilegong Purwakarta

Sabtu, 27 Agustus 2016

Solusi yang Tepat untuk Meningkatkan Minat Belajar Anak

Solusi yang Tepat untuk Meningkatkan Minat Belajar Anak
Sebagai orang dewasa pasti menginginkan anaknya tumbuh menjadi anak berprestasi dan pintar. Hal tersebut tentu tidak bisa lepas dari minat belajar anak yang tinggi.  Namun, membuat anak Minat terhadap belajar tidaklah mudah, apalagi kebutuhan anak-anak terutama pada usia dini adalah bermain bukan belajar. Lantas bagaimana cara agar anak Minat belajar anak dapat meningkat?
Berhenti Memaksa
Orangtua yang memaksa anak untuk belajar tentunya memiliki alasan. Berdalih agar masa depan anak bisa cemerlang jika mulai belajar sejak dini, mereka berharap anak bisa mengimbangi teman-temannya yang cerdas dan pandai. Akhirnya orangtua pun memaksa anaknya untuk belajar meskipun kondisi anak belum stabil dalam menerima pelajaran.
Segala sesuatu yang sifatnya memaksa akan membuat anak terbebani. Anak mungkin saja bisa membaca, tapi untuk bahagia, belum tentu. Kita harus memahami kondisi anak, jangan hanya berfokus pada hasil tetapi yang terpenting adalah prosesnya. Ketika anak belajar dengan proses menyenangkan maka Minat belajar anak akan tumbuh sehingga anak bisa melakukannya dengan perasaan bahagia. Berbeda halnya dengan anak yang belajar karena dipaksa, proses belajar membuatnya menjadi beban, anak cenderung menjadi benci belajar.
Memaksa anak belajar juga dapat meningkatkan ketegangan. Anak biasanya akan berusaha menghindarinya, anak yang menghindar dari belajar, bisa dipastikan akan menjadi anak yang malas. Buruknya lagi, bukan hanya malas pergi ke sekolah, tetapi juga malas belajar.
Selain itu, anak belajar dengan terpaksa akan mudah frustasi. Kondisi belajar yang tidak menyenangkan bagi anak usia dini akan menguras tenaga dan pikiran anak, sehingga anak akan cepat merasa kelelahan. Jika anak sudah lelah, maka konsentrasi anak akan menurun sehingga anak menjadi tidak fokus dengan apa yang sudah diajarkan.
Berbeda dengan anak yang tertarik dengan membaca, menulis, berhitung, maka anak harus diberi fasilitas untuk meningkatkan Minatnya. Ketika pengenalannya tepat, anak akan semakin berMinat dan percaya diri karena merasa menguasai keterampilan yang mungkin belum dikuasai anak seusianya.
Hak anak adalah bermain
Salah satu hak dan kebutuhan anak adalah bermain. Orang dewasa khususnya guru dan orangtua, berperan penting dalam meningkatkan Minat belajar anak sejak dini melalui metode-metode yang tepat. Jangan sampai membuat anak merasa terbebani dalam proses belajarnya sehingga timbul rasa bosan. Jika sudah timbul, rasa ini bisa muncul berkepanjangan bahkan sampai anak mulai masuk sekolah dasar.
Memenuhi hak bermain anak dapat dilakukan dengan meletakkannya dalam proses belajar. Bisa berupa bernyanyi, bercerita, menggambar, dan lain-lain. Jika anak belajar melalui proses yang menyenangkan, akibatnya Minat belajar akan terus tumbuh dan anak pun akan terus mengulanginya. Kegiatan belajar yang dilakukan secara berulang ini pun berdampak pada kemampuannya.
Dalam membimbing anak belajar yang paling penting ialah anak suka dan memilih setiap kegiatan yang dilakukan tanpa paksaan. Hal ini akan berdampak sang anak bebas dalam mengeksplorasi hal baru yang ia temui dan mengasah kecerdasannya.
Solusi tepat untuk anak
Solusinya adalah membuat belajar dengan proses yang menyenangkan. Tidak ada yang salah jika kita ingin mengajarkan anak belajar sejak dini dengan memasukkan anak ke sekolah, selain belajar anak juga bisa belajar bersosialisasi dengan teman-temannya.
Pentingnya memasukkan anak ke sekolah yang baik adalah dengan melihat bagaimana metode yang digunakan dalam mengajar. Anak usia dini tentunya bukan dituntut untuk bisa membaca, menulis, dan berhitung dengan lancar, tetapi bagaimana caranya agar anak memiliki Minat belajar.
Salah satu lembaga yang menerapkan metode fun learning adalah biMBA-AIUEO. Mendaftarkan anak ke biMBA-AIUEO bisa menjadi alternatif atau solusi yang tepat untuk anak usia dini, karena lembaga ini tidak terpaku pada hasil tapi proses yang menyenangkan.
Selain itu, biMBA juga menerapkan metode Small Step System yang artinya mengajar dengan dengan bertahap sesuai dengan keinginan dan kemampuan anak. Jadi, anak tidak dipaksa harus bisa membaca dan menulis jika anak belum mampu, karena fokus biMBAAIUEO adalah menumbuhkan Minat Baca dan Belajar anak secara intrinsik.
Solusi yang Tepat untuk Meningkatkan Minat Belajar Anak

Satu metode lain yang diterapkan adalah Individual System. Artinya guru berpusat kepada murid, bukan murid berpusat kepada guru seperti kebanyakan sekolah. Maka itu jumlah murid yang dipegang satu orang guru di biMBA-AIUEO bisa dihitung dengan jari, hanya 2 sampai 5 orang saja. Metode tersebut sangat efektif diterapkan untuk anak usia dini.
Melalui metodenya biMBA-AIUEO membuktikan bahwa anak usia dini bisa membaca, menulis, berhitung dengan baik atas kemauan anak sendiri. Melalui proses belajar yang 100% menyenangkan, Small Step System, dan Individual System. Menjadikan BiMBA AIUEO solusi yang tepat untuk anak usia dini. (ern/nik)

sumber : http://www.bimba-aiueo.com/

Link: biMBA AIUEO Jakarta , biMBA AIUEO Bekasi

0 komentar:

Posting Komentar