Selasa, 12 Juli 2016

Bagaimana Mendidik Anak Untuk Mengucapkan Terima Kasih

Kadang hal yang kecil sering kita lupakan, mendidik anak untuk mengucapkan terima kasih adalah hal terlihat sepele tapi sangat penting dalam kehidupan anak kita dikemudian hari.
“Terima kasih, mama. mama baik sekali.”
Bagaimana Mendidik Anak Untuk Mengucapkan Terima Kasih

Bagaimana perasaan Anda ketika anak kita mengucapkan kata terima kasiht? Sungguha bangga pastinya karena hal ini dapat memberikan kedamaian dan senyuman untuk kita. Terima kasih merupakan kata yang ajaib dan memiliki efek yang sangat luar biasa apalagi jika kata itu ditujukan pada kita. Kita akan merasakan betapa dahsyat efek positif dari kata terima kasih itu.
Kata terimakasih juga merupakan penghargaan yang diucapkan kepada kita oleh bila seseorang itu menerima sebuah kebaikaikan dari orang lain yang membantunya dalam melakukan atau memberikan sesuatu. Berterimakasih bisa juga diartikan mengucapkan rasa syukur atas nikmat yang Tuhan berikan kepaa kita, maka dari itu sangatlah penting untuk kita mengajarkan anak-anak selalu senantiasa mengatakan terima kasih kepada siapa pun, disaat menerima kebaikan dari pihak lain.
Sebagai orang tua sebelum mendidik anak  untuk berterimakasih juga harus terbiasa dan tidak gengsi untuk mengucapkan terima kasih pada anak-anak kita. Seandaianya pada saat kita meminta bantuan anak kita membelikan sesuatu,  maka ucapkanlah, “Terima kasih ya, anakku kamu sangat hebat.” walaupun itu hanya sekedar ucapan terima kasih tapi hal ini memiliki makna yang sangat dalam, dan dapat menimbulkan efek yang positif.
Kata terima kasih adalah kata yang gampang-gampang susah untuk diucapkan, terutama anak kecil. Oleh sebab itu kita biasakan mengucapkan terima kasih kepada anak kita, sehingga mereka terbiasa mendengar kata terima kasih, dan akhirnya terbiasa mengucapkan kata terima kasih tersebut. Sebagian anak-anak mengucapkan terima kasih hanya sebagai formalitas setelah diberikan/mendapatkan bantuan ataupun barang, dan sebaiknya kita sebagai orang tua memberikan pengertian akan arti dari kata-kata terima kasih itu dan apa pengaruhnya bagi orang lain, seandainya anak kita sudah paham akan makna tersebut maka sianak akan lebih menghargai orang lain dan memberikan kata terima kasih tersebut  dengan tulus. Mari kita ajarkan anak kita untuk mengucapkan terima kasih sejak dini agar menjadi suatu kebiasaan saat mereka dewasa nanti.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar