Jumat, 18 Maret 2016

Peranan Orang Tua dalam Pendidikan Informal

Peranan Orang Tua dalam Pendidikan Informal
Keluarga adalah suatu komponen dari kehidupan yang terdiri atas ayah, ibu dan anak. Dimana seorang ayah menajdi kepala rumah tangga yang memiliki kewjiban untuk memberi nafkah kepada keluarganya dan ibu mempunyai tugas untuk mengurus dan mengatur keluarga. Pendidikan informal di dalam keluarga merupakan tanggungjawab dari kedua orang tua. Untuk hal ini pernanan seorang Ibu tentu akan jauh lebih banyak, karena biasanya ayah akan lebih banyak meluangkan waktu di tempat kerja. Sehingga hubungan seorang ibu dengan anak dirumah jauh lebih dominan. Akan tetapi tidak menutup kemungkinan, seorang ayah juga bisa memberikan nasehat yang baik kepada sang anak. Untuk itulah pendidikan nformal di dalam keluarga menjadi hal penting yang paling utama bagi perkembangan anak kelak.
Bila dilihat dari sejarahnya, kata pendidikan berasal dari bahasa Yunani, ‘Paedos’ yang bisa dirtikan sebagai anak dan “agogos” yang juga bisa berarti membimbing atau memimpin. Sehingga disebut juga dengan kata pedagogi atau secara umum bisa juga berarti ilmu tentang membimbing anak. Atau bisa juga sering disebut dengan seni membimbing anak dalam lingkup pendidikan informal atau keluarga sebagai awal mula pndidikan. Jadi sudah menjadi hal yang wajar jika semua orang tua menginginkan anaknya bisa lebih baik dari orang tuanya.
Pendidikan informal dalam keluarga dapat memeberikan pengaruh yang sangat besar terhadap perkembangan karakter seorang anak. Jika tidak mengetahui karakter anak tentu akan susah dalam memberikan dorongan motivasi terhadap sang anak dalam kehidupannya. Apalagi karakter etiap anak antara satu dengan lainnya juga tidak ada yang sama. Untuk, ituah ornag tua harus dituntut untuk mengerti karakter dari anak-anaknya. Karena karakter merupakan slah satu wadah sebagai pendorong proses pembentukan prestasi dalam hidup.
Peranan Orang Tua dalam Pendidikan Informal
Perkembangan seorang anak ini sendiri juga akan dipengaruhi oleh perlakuan keluarga terhadapnya. Karakter anak tentunya akn terbentuk seja dini, dalam hal ini kaitan peran keluarga memiliki pengaruh besar terhadapnya. Keluarga adalah kelompok social terkecil did alam masyarakat. Bagi setiap orang, keluarga yang terdiri dari ayh, ibu dan anak tentu memiliki proses sosialinya sendiri dalam memahami, menghayati budaya yang berlaku dalam masyarakat.
Untuk itulah peran keluarga terhadap pendidikan informal sangat bertanggungjawab dalam mendidik anak-anak dengan baik dan benar dalam kriteria norma dan moral serta jauh dari penyimpangan. Menurut Fuad Ihsan, fungsi dari pendidikan informal merupakan sebagai wujud pengalaman pertama bagi anak-anak. Pendidikan informal dalam keluarga akan menjamin kehidupan emosional anak untuk dapat tumbuh dan berkembang. Dari lingkungan keluarg di rumah itulah akan tercipta sikap saling tolong-menolong, tenggang rasa, sehingga dapat tumbuh kehidupan keluarga yang sejahtera dan damai. Dapat disimpulkan pula bahwa keluarga memiliki peran penting dalam meletakkan dasar pertama pendidikan agama dan tentunya social.
Peranan dan fungsi keluarga menjadi slah satu bagain penting dari pendidikan informal. Dalam UU sisdiknas Pasal 27 ayat (1) menyatakan bahwa: kegitan pendidikan informal yang dilakukan oleh keluarga dan lingkungan akan terbentuk kegiatan belajar mandiri. Keluarga itu sendiri merupakan saah satu penyelenggara dan pengguna dari hasil pendidikan. Untuk itulah, pendidikan informal dalam keluarga adalah aset yang harus diperdayakan agar mampu meningkatkan kualitas dari pendidikan nasional.
Peranan Orang Tua dalam Pendidikan Informal
Dari beebrapa hal yang telah dipaparkan diatas dapat disimpulkan, bahwa pendidikan informal adalah pendidikan pertama yang paling utama bagi anak yang mereka kenal dalam proses mengenal dunia. Terlahir ke dalam sebuah keluarga dan kemudian dididik oleh orang tua. Menjadi wahana pendidikan moral anak, membentuk anak sebagai makhluk social, serta menciptakan pola pemikiran yang kreatif dan aktif. Sehingga, anak-anak memiliki masa kecil yang akan menjadi pengalaman penting untuk proses perkembangan hidup mereka kelak dalam mencapai pendidikan yang lebih baik dan bermutu.

Untuk itulah pendidikan informal memiliki pengaruh sangat penting di dalam keluarga, karena sebenarnya anak tumbuh dan perkembang tergantung dari bagaimana pertama kali mereka mendapatkan pendidikan. Apakah pendidikan informal di keluarga berlangsung baik atau tidak, hal inilah yang menjadi jawaban dari karakter sang anak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar