Jumat, 11 Maret 2016

4 Hal ini Membuktikan Bahwa Sistem Pendidikan di Indonesia Menuju Perbaikan

4 Hal ini Membuktikan Bahwa Sistem Pendidikan di Indonesia Menuju Perbaikan
Negara Indonesia dengan sekitar 249,9 juta penduduk (survey tahun 2013) tentu hal ini menjadi bukti jika bangsa Indonesia memiliki banyak sekali potensi dari setiap penduduknya yang beragam. Potensi yang mampu mengantarkan nama Indonesia lebih pantas serta mampu bersaing dengan bangsa lainnya. Peran pendidikan di Indonesia sendiri juga menjadi gerbang kesuksesan bagi generasi muda di masa yang akan datang.
Berikut adlaah 4 hal yang membuktikan bahwa sistem pendidikan di Indonesia sedang berkembang menuju perbaikan:
1.      Pendidikan di Indonesia adalah pendidikan karakter
Jaman kian maju, dan segalanya pun semakin berkembang. Teknologi yang makin canggih, menjadikan hidup juga harus semakin gigih, dan mau tidak mau hal ini juga berdampak pada norma yang kian tersisih. Pendidikan tentu menjadi kebutuhan penting yang harus dipenuhi, akan tetapi akhlak juga tidak boleh mengalami diskriminasi. Untuk itulah pendidikan di Indonesia saat ini sedang berapi-api menumbuhkan lagi karakter bangsa melalui kaum mudanya. Melalui pendidikan juga sudah seharusnya kaum muda harus memahami bahwa budi pekerti yang luhur dan perilaku mulia merupakan awal berkehidupan dengan masyarakat luas. Jadi, tak perlu bangga dengan kecerdasan, bila tak bisa menanamkan sikap sopan dan santun di hadapan masyarakat.

“Kaum muda adalah penerus bangsa, karakter adalah jati diri bangsa. Maka penerus bangsa yang berkarakter adalah investasi berharga milik bangsa sebesar Bangsa Indonesia. - Hera Pangastuti”

2.      Tanamkan jiwa nasionalis melalui lagu kebangsaan dan cinta tanah air
4 Hal ini Membuktikan Bahwa Sistem Pendidikan di Indonesia Menuju Perbaikan
Menurut UU tentang Bendera, Bahasa, Lambang Negara, dan Lagu Kebangsaan Pasal 59 (2) mengenai lagu kebangsaan dapat diperdengarkan dan/atau dinyanyikan dalam rangkaian program pendidikan dan pengajaran. Selama masa SD-SMA tentu tidak ada yang pernah mendengar tentang UU perihal lagu kebangsaan, saat ini Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan telah meresmikan Permendikbud No 21 tahun 2015 untuk menyanyikan dengan bangga Lagu Kebangsaan sebelum proses kegiatan belajar mengajar (KBM) dimulai. Hal ini bertujuan untuk menumbukan rasa nasionalisme dan sikap positif terhadap para generasi muda calon penerus dan pemimpin bangsa. Agar sutu hari nanti mereka menjadi alasan dibalik keberhasilan suatu bangsa.
Selain itu untuk menumbuhkan sikap cinta tanah air Permendikbud juga telah mengutarakan untuk menyanyi lagu daerah masing-masing dan dari daerah lain.

3.      Literasi menjadi budaya keseharian kaum muda di Indonesia
Membaca merupakan jembatan ilmu, dan buku adalah gudang ilmu. Saat ini dengan ditandai semakin banyaknya teknologi canggih yang beredar melalui seperangkat gadget mahal pelan-pelan dan sedikit demi sedikit telah menggeser buku dari lingkungan anak-anak. Tak heran lagi bila generasi saat ini kurang mengenal pujangga-pujangga dan penulis yang melegenda angkatan 45 dan karya sastra klasik yang patut dibanggakan dan dipuja. Sangat sedikit anak-anak saat ini yang mengenal penulis seperti Chairil Anwar, Pramoedya Ananta Toer, bahkan Abdul Muis. Semakin jarang pula anak-anak yang membeli buku-buku sastra lama apalagi membacanya. Berawal dari keprihatinan inilah Kemendikbud dengan Permendikbud Nomor 21 tahun 2015 tealh mengusung Budaya Literasi bagi anak Bangsa yaitu dengan membiasakan membaca BUKU NON PELAJARAN setiap pagi selama 15 menit sebelum bel masuk kelas berbunyi. Hal ini tentu tidak ada batasan, anak-anak akan bebas membaca novel, karya sastra, puisi cerpen, cerbung, dan lainnya. Dengan begitu anak-anak akan mampu mengenal dunia lebih luas dan tentu saja kualitas pendidikan di Indonesia juga semakin membaik.

4.      Tidak hanya dikibarkan di tiang saja, bendera merah putih juga tertanam di dada
Begitu pentingnya menumbuhkan rasa nasionalisme, karena persaingan global tentu akan terus mendesak Indonesia untuk maju, mau tidak mau. Persaingan akan menyamaratakan semua orang dari segala penjuru Negara. Untuk itulah agar bangsa tidak mengalami kalah saing, sangat penting untuk memnamkan jiwa nasionalis kepada bangsa sendiri. Bendera menjadi satu symbol kebanggaan suatu bangsa, tidak hanya dikibarkan di tiang saja. Saat ini seluruh seragam sekolah harus wajib tertempel bendera merah putih yang membanggakan. Dengan meningkatnya jiwa nasionalis, tidak hanya pendidikan diIndonesia yang akan semakin baik, namun diharapkan juga dapat dengan sangat menghargai bangsa sendiri dengan bangga.


Itulah 4 hal yang membuktikan bahwa pendidikan di Indonesia sedang berupaya menjadi lebih baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar