Pentingnya Fungsi Pendidikan Informal ~ biMBA AIUEO Cilegong Purwakarta

Selasa, 16 Februari 2016

Pentingnya Fungsi Pendidikan Informal

Pentingnya Fungsi Pendidikan Informal, biMBA AIUEO
Pendidikan informal merupakan jalur pendidikan yang berada pada jalur keluarga dan terdapat dalam lingkungan pembelajaran mandiri. Hasil dari pendidikan informal itu sendiri saat ini statusnya sudah diakui  layaknya pendidikan formal dan pendidikan nonformal lainnya, seperti saat siswa telah dinyatakan lulus dari ujian nasional selanyaknya standar pendidikan nasional.
Kebanyakan orang berpendapat jika pendidikan yang paling penting adalah pendidikan formal yaitu pendidikan yang dimulai dari tingkat taman kanak-kanak sampai perguruan tinggi. Dari sejak kecil diasupi dengan berbagai macam ilmu pengetahuan yang terkadang kita justru bingung kapan bisa menggunakan ilmunya apalagi jika kita tidak menyukainya. Akan tetapi sebenarnya justru pendidikan informal yang paling penting penerapannya dibandingkan dengan pendidikan formal.
Pentingnya Fungsi Pendidikan Informal, biMBA AIUEO
Pendidikan informal merupakan pendidikan yang berlangsung secara alami dalam kehidupan sehari-hari dan berlangsung di dalam lingkungan keluarga dan masyarakat. Menurut Syaripuddin menyatakan bahwa pendidikan informal bisa menghasilkan pengetahuan yang tidak bisa didapat dari pendidikan di bangku formal seperti nilai-nilai kehidupan, moral, norma-norma, sikap, kebiasaan, dan keterampilan-keterampilan tertentu yang bisa diwariskan ke masyarakat. Selain itu beliau juga menambahkan jika pendidikan informal dalam keluarga juga bertujuan untuk agar anak memiliki pribadi yang siap untuk masa depannya dengan pembekalan moral dan sikap yang baik sehingga dengan begitu anak memiliki kesiapan mental yang mantap, bermoral dan menjadi bagian dari anggoa masyarakat yang baik dan bertanggungjawab.
Proses pendidikan informal akan berlangsung dan terjadi saat orang tua mengajarkan sesuatu kepada sang anak misalkan bagaimana caranya berbicara yang baik dan santun, makan dean tangan kanan, berjalan, mandi, memakai aian dan lain sebagainya. Ada pepatah yang mengatakan bahwa “Buah jatuh tak jauh dari pohonnya.” Jika dikaitkan dengan pepatah tersebut sama halnya dengan karakter yang melekat dalam diri anak tentu tidak jauh-jauh dari karakter dari orang tua. Sebab anak secara langsung akan menjadikan orang tua sebagai role model sebagai contoh dan teladan bagi dirinya. Tentu karakter yang terbentuk dari anak merupakan hasil dari penglihatan sang anak terhadap lingkungan di sekelilingnya. Untuk ituah sangat penting bagi orang tua dalam memberikan pembelajaran yang baik terhadap sang anak.
Sebenarnya pendidikan informal jauh lebih menekankan pada proses yang jauh lebih bermakna jika dibandingkan dengan pendidikan formal atau pendidikan nonformal. Tidak ada sistem kurikulum ataupun ujian yang harus menjadikan sang anak tertuntut untuk terus belajar. Karena materi dari pendidikan informal adalah mengenai kaitannya tentang pembelajaran kehidupan. Dan untuk hasil akhirnya diadakan evaluasi, bila masih tidak sesuai maka penerapan dilakukan secara langsung dalam lingkungan keluaraga dan masyarakat. HAsil dari pendidikan informal juga bisa dijadikan sebagai acuan bahan belajar baik dalam lingkup pendidikan formal ataupun dalam lingkup pendidikan non formal. Itulah mengapa fungsi pendidikan informal sangat penting untuk masa depan sang anak agar bisa mampu mandiri sesuai dengan norma dan moral yang berlaku dalam masyarakat. Karena dari masyarakatlah kita bisa mengenal adat istiadat dan peranan pentingnya gotong royong.
Kehidupan bermasyarakat sangatlah penting, karena kita tidak bisa terlepas dari peran manusia sebagai makhluk social yang selalu tak bisa lepas untuk tidak berhubungan dan berinteraksi dengan masyarakat lainnya. Untuk itulah peran orang tua dalam pendidikan informal memiliki prioritas yang penting. Sebab orang tua adalah merupakan satu-satunya contoh untuk anak dalam berperilaku dan bersikap. Sehingga dapat diakatakan pendidikan informal dalam keluarga merupakan investasi moral dalam kehidupan anak kelak saat dewasa.

Pentingnya Fungsi Pendidikan Informal, biMBA AIUEO
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pendidikan informal merupakan pendidikan yang snagat penting. Karena tidak hanya pendidikan formal di kelas saja kita dapat belajar. Akan tetapi justru pendidikan kehidupan dalam keluarga dan masyarakat yang jauh lebih berharga. Karena dengan dalam kehidupan bermasyarakat banyak sekali pelajaran dan pengalaman berharga yang bisa diambil. Pendidikan formal hanya sebagai syarat seseorang mendapatkan muatan pembelajaran umum yang sesuai dengan kemampuan intelegensi. Akan tetapi untuk kemampuan softskll di dalam masyarakat harus selalu diasah sejak masa kecil dan tidak bisa langsung dengan mudah diterapkan.

0 komentar:

Posting Komentar