Kamis, 25 Februari 2016

Manifestasi Pendidikan Islam pada Zaman Global

Pendidikan adalah sebuah kebutuhan primer bagi setipa manusia di dunia. Pendidikan merupakan bimbingn secara sadar dari seorang guru atau pendidik kepada anak didik terhadap perkembangan dalam diri secara rohani maupun jasmani untuk menuju pada kepribadian yang baik. Untuk itu relasi
Pendidikan Islam Pada zaman Global
antar keduanya harus berjalan dan terjalin dengan selaras, sehingga akan terbebntuk kepribadian manusia yang unggul dan ideal dengan pengetahuan intelektual dan akhlak mulia.
Tentu hal ini juga tidak lepas dari sayriat islam. Islam sangat mendukung dan mendorong manusia untuk selalu menjadi lebih baik dan maju dengan selalu melandaskan diri pada nilai-nilai yang tinggi dan kehidupan mulia. Sehingga akan mampu terbentuk pribadi yang sempurna baik dari akal, perbuatan, maupun perasaan. Bahkan kedudukan orang-orang berilmu sudah sangat jelas ditunjukkan kedudukannya dalam firmanNya:
“Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. dan Allah Maha mengetahui apa yang kamu kerjakan.”
Ayat diatas menjelaskan tentang keutamaan dari orang-orang yang berilmu tentu akan ditingkatkan derajatnya. Degan memiliki ilmu tentu manusia kan mnjadi lebih maju dan lebih baik, karena pemikirannya selalu terpacu dalam hal posistif untuk terus berusaha menggunakan dan memanfaatkan ilmunya sehingga dapat dihasilkan karya yang berguna dan sebagai pemacu untuk terus berinovasi untuk memperbaiki dan meningkatkan karyanya.
Pendidikan islam sendiri juga semakin berkembang mengikuti perkembangan jaman. Di satu sisi hal ini memag menguntungkan karena dapat mempermudah masyarakat dalam memperoleh pendidikan. Secar otomatis tentu manusia akan terus bergerak dalam mencari ilmu sebagai kewajiban selama hidup di dunia. Akan tetapi di sisi lain, untuk sebuah penelitian sebagai penunjang keberlangsungan dari pberkembangnya pendidikan itu sendiri tanpa melihat kondisi alam, tentu juga akan berakibat engatif dalam kehidupan. Untuk itulah diperlukan keseimbangan antara ilmud dan akhlak agar dapat berjalan dengan seimbang dan beriringan tanpa menimbulkan dampak buruk atau kerusakan.
Di dalam islam, ada 3 kata yang selalu berhubungan dengan pendidikan islam yaitu diantaranya:
1.       At-Tarbiyah
Kata At tarbiyah berasal dari kata rabaa atau rabba. Di dalam al qur’an telah disebutkan lebih dari delapan ratus kali yang sebagian besar atau bahkan keseluran berkaitan mengenai Tuhan. Selain itu kata ini juga dihubungkan dengan alam seperti bumi, langit, tumbuh-tumbuhan, binatang, bintang, matahari, laut, gunung dan lainnya. selain itu kata rabaa atau rabba ini juga dihubungkan dengan manusia seperti dalam kata rabbuna yang berarti “Tuhan kami”, selain itu ada juga rabbuhu “Tuhannya”, ada juga rabbuhum yang berarti  “Tuhan mereka semua” dan juga rabbiy yang berartu “Tuhanku”. Untuk kata at tarbiyah tidak hanya memiliki korelasi dengan manusia saja tetapi juga seluruh alam semseta. Benda-benda lainnya memang tidak dapat dididik, karena benda-benda tidak memiliki akan sehingga tidka memiliki potensial seperti juga dengan indera, nurani, insting, dan fitrah yang mampu untuk memungkinkan dididik. Tentu saja yang memiliki kesemua potensi itu hanyalah manusia.
Pendidikan Islam Pada zaman Global

2.       At-ta’lim
Kata at-ta’lim ini berasal dari kata ‘allam, yu’allimu, ta’liman yang dapat dijumpai pada hadist berikut:
“Pengetahuan adalah kehidupan islam dan pilar islam, dan barang siapa yang mengajarkan ilmu Allah akan menyempurnakan pahala baginya, dan barang siapa yang mengajarkan ilmu dan ia mengamalkan ilmu yang diajarkan itu, maka Allah akan mengajarkan kepadanya sesuatu yang belum ia ketahui.” (HR. Abu Syaikh)
Dalam hadist diaatas, kata ta’lim dihubungkan dengan bentuk pengajaran pendidikan islam kepada seseorang, dan orang yang dengan ikhlas mengajarkan ilmu itu akan mendapatkan pahala dari Tuhan. Kata ini juga banyak dikaitkan dan digunakan dalam kegiatan pendidikan islam yang bersifat normal.

3.       At-ta’dib
Selain itu ada At-ta’dib yang berasal dari kata addaba, yuaddibu, ta’diban yang dapat diartikan dengan education atau pendidikan, disiplin, peringatan atau hukuman dan hukuman penyucian. Dalam hubungannya dengan dunia pendidikan islam, kata ini mengartikan sebagai penegnalan dan pengakuan yang secara berangsur ditanamkan kepada manusia dari kaitannya tempat-tempat yang tepat dari segala sesuatu dalam tatanan penciptaan, sehingga dapat mengarah kepada bimbingan mengenai pengenalan dan pengakuan dari penciptaan dan kekuatan Allah SWT.
Pendidikan Islam Pada zaman Global


Itulah kaitannya menegnai menifestasi pendidikan islam pada jaman global saat ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar