Selasa, 09 Februari 2016

Representasi Ilmu Pendidikan Islam

Representasi Ilmu Pendidikan Islam. Pendidikan merupakan satu bentuk upaya dari pembudayaan dan pemberdayaan manusia sebagai wujud dalam proses menumbuhkan dan meningkatkan potensi secara maksimal yang dalam prosesnya pun tergantung dari keterlibatan pendidik.
Dengan hal ini mereka akan sangat dituntut untuk mampu memenuhi persyaratan sebagai seorang pendidik dengan pengetahuan ilmu pendidikan Islam yang ideal. Sedangkan untuk faktor anak didik merupakan tujuan sasaran pokok bagi para pendidik. Bahwa teori merupakan konsep dari pemikiran manusia yang dinyatakan serta disusun secara sederhana dalam kaitannya bisang kehidupan yang sesuai dengan fakta-fakta yang saling menunjang dan saling berhubungan.

Hakikat Ilmu Pendidikan Islam
bimba aiueo pendidikan islam
Secara teori ilmu pendidikan islam merupakan memberi makan kepada jiwa anak didik demi mendapatkan kepuasan rohani yang sesuai dengan ajaran islam baik melalui sistem kurikuler maupun lembaga. Dan yang menjadi segi fungsi adalah suatu bentuk dari potensi manusia yang dinamis berupa dalam bentuk keyakinan, ilmu pengetahuan, akhlak dan pengalaman yang berada dalam posisi proses pendidikan islam yang nantinya akan mampu membawa manusia sebagai hamba Allah SWT yang muslim, mukmin dan mukhlis. Sedangkan pada objek dari pendidikan islam itu sendiri yaitu bertujuan untuk menyadarkan manusia sebahai makhuk individu yang telah diciptakan oleh Allah dalam bentuk yang paling sempurna dibanding dengan makhluk yang lain dan memiliki kedudukan yang utama.
Tujuan ilmu pendidikan Islam
Sebagai sebuah ilmu tentu pendidikan Islam memiliki tujuan diantaranya:
1.      Mentargetkan dan menfokuskan anak didik sebagai  sasran untuk menguasai ilmu secara umum.
2.      Mentargetkan dan menfokuskan anak didik sebagai  sasran untuk menguasai ilmu secara khusus
3.      Untuk dapat sampai dalam garis besar pada sebuah program pengajaran pada sebauh institusi pendidikan bagi kurikuler.
4.      Selain itu tujuan juga harus diwujudkan sesuai dengan program pendidikan di setiap institusi secara institusional.
5.      Cita-cita hidup yang telah ditetapkan agar segera dicapai baik dalam pendidikan formal ataupun nonformal baik secara umum maupun nasional.

bimba aiueo pendidikan islam
Bila ilmu pendidikan islam dikaitkan dengan filsafat sebuah pendidikan islam itu sendiri maka tugsnya adalah menganalisa secara mendalam pada masalah pendidikan serta dalam bentuk proses penyelesaiannya. Ilmu pendidikan islam tidak hanya berkaitan dengan landasan teori dan akan tetapi juga berhubungan dengan fakta empiris dan praktis dalam kalangan masyarakat. Sehingga nantinya akan terjadi sebuah jalinan interaksi antara ilmu pendidikan islam itu sendiri dengan hubungan masyarakat yang mampu melengkapi dan saling mendukung satu sama lain.
Oleh karena itu ilmu pendidikan islam membutuhkan sebuah landasan idea, universal, bersifat rasional serta sangat sistematik dan mampu dipertanggungjawabkan berkaitan dengan hakikat dari pendidikan itu sendiri. Dalam hal ini filsafat pendidikan pun juga telah mengarah pada keseluruhan aspek pendidikan yang objektif sebagai suatu kebutuhan manusia yang paling mendasar.
Demikianlah, sebuh filsafat pedidikan islam akan terus berupaya dalam menunjukkan kemana sebenarnya arah  arah dari representasi sebuah pendidikan itu akan dibawa. Dengan melalui bentuk dan ciri filsafat yang radikal, universal serta sistematis sehingga dapat menimbulkan sebuah pemikiran terhadap manusia sebagai makhluk individu, social, dan sebagai bentuk moral yang berorientasi pada ikatan manusia dan sang pencipta secara vertical, dan secara horizontal dengan masyarakat dan juga alam.
Menurut pendapat dari Al-Attas pendidikan islam merupakan pendidikan yang harus lebih dulu diberikan pada manusia berupa pengetahuan mengenai manusia yang baru disusul kemudian dengan pengetahuan lainnya. Dengan hal ini maka akan diketahui jati diri manusia itu seperti apa.
Pendidikan islam sebagai landasan disiplin ilmu
Ilmu dalam pendidikan islam adalah salah satu ilmu yang teah memenuhi segala syarat dari ilmu pengetahuan diantaranya:
1.Pendidikan islam sendiri memiliki objek material yang telah menyatakan manusia yang sebagai peserta didik dan memiliki obyek formal yaitu sebuah aktivitas pada usahanya didalam membimbing manusia lainnya untuk menuju titik kedewasaan yang disesuaikan dengan nilai dan syariat islam
2. pendidikan Isam juga memiliki metode dalam mengembangkan yang dapat dipergunakan sebagai ilmu pengetahuan dalam wajah islam yaitu metoode test, metode interview, metode pengamatan atau observasi, dan sebagainya
3. Selain itu pendidikan islam juga memiliki sistematika yang dapat diketahui melalui lahirnya penggolongan masalah serta pembahasan masalah yang berkaitan dengan pendidikan islam itu sendiri.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar