Sabtu, 06 Februari 2016

8 Cara Meningkatkan Minat Baca

minat baca biMBA AIUEO

Sebenarnya membaca merupakan salahs atu hal yang menyenangkan. Karena dengan membaca tentu pengetahuan Anda juga akan semakin bertambah. Akan tetapi dalam membaca terkadang ditemui rasa malas dan keengganan untuk membaca. Tentu ha ini tidak bisa dibiarkan. Karena dengan berkurangnya minat baca maka akan menjadi satu kebiasaan buruk di kemudian hari.
Sebenarnya untuk mengatasi hal ini ada beberapa cara meningkatkan minat baca yang bisa Anda coba terapkan:
 Coba untuk mengalokasikan waktu khusus untuk membaca
Salah satu cara meningkatkan minat baca yang bisa Anda lakukan adalah dengan membuat atau menjadwalkan waktu khusus untuk membaca. Luangkan waktu minimal 10-15 menit setiap hari untuk membaca apa saja. Jangan memulai dengan beberapa jam sekaligus, karena hal ini hanya akan membuat Anda bosan dan malas. Untuk itu mulailah hanya dengan beberapa menit namun teratur.

2.      Membeli buku seminggu sekali
Bukan hanya itu saja, untuk meningkatkan minat baca Ana juga harus meluangkan kesempatan untuk menambah koleksi buku menarik yang Anda suka yaitu dengan membeli satu buku tiap seminggu sekali, setelah Anda menghabiskan membaca satu buku tersebut maka minggu berikutnya Anda bisa menambah koleksi rak buku Anda dengan membeli buku lagi.

3.      Manfaatkan waktu menunggu
Sebagian orang beranggapan jika menunggu adalah pekerjaan paling membosankan, menunggu apapun itu. Nah untuk mengatasi kebosanan ini, maka jangan pernah lupakan buku dalam tas Anda kemanapun Anda pergi. Bawalah setidaknya satu buku yang bisa Anda baca kapanpun saat Anda memiliki waktu luang. Dan menunggu merupakan waktu luang.

4.      Memiliki daftar buku rekomendasi yang populer
Jangan membiarkan koleksi rak Anda dengan buku yang itu-itu saja, setidaknya milikilah beberapa daftar buku rekomendasi teman ataupun saudara yang termasuk ke dalam salah satu daftar buku populer yang laris. Karena biasanya buku populer adalah salah satu buku yang memiliki nilai bagus. Tentu hal ini juga akan memperkaya wawasan Anda dengan lebih baik.

5.      Belajar membaca efektif
Tidak hanya menambah daftar buku saja, namun Anda juga wajib meningkatkan kemapuan membaca Anda. Karena semakin bertambah usia seharusnya kemampuan membaca Anda juga tidak seperti anak SD lagi bukan? Untuk itu tingkatkan kemampuan baca Anda dengan berlatih, konsentrasi, dan kecepatan, hal ini juga akan melatih pemahaman bacaan Anda.

6.      Membaca ketika Anda istirahat atau saat sebelum tidur
Hal ini bisa juga menjadi kebiasaan baru Anda yang mengasyikkan. Membacalah waktu saat Anda sedang istirahat, karena membaca tidak membutuhkan energi selain keinginan untuk membaca, untuk itu Anda bisa sambil membaca dengan istirahat ataupun menjelang saat Anda akan tidur.

7.      Buatlah target membaca
Untuk menumbuuhkan minat baca, maka Anda juga bisa membuat target membaca. Apa itu target membaca? Target membaca merupakan target dari daftar buku yang ingin Anda baca atau selesaikan. Tambahkan beberapa buku fiksi atau non fiksi selain buku pelajaran kuliah untuk Anda baca  dalam kurun beberapa waktu misal dalam sebulan Anda harus menamatkan 3-5 buku. Selain itu jangan lupa pula untuk membuat resume atau resensinya ya, karena dengan begitu Anda akan semakin paham dengan apa yang Anda baca.

8.      Lakukan diskusi dan bergabung dengan komunitas baca
Selain itu Anda juga bisa melakukan diskusi kelompok atau dengan teman Anda mengenai buku-buku yang sedang banyak digemari banyak orang, membuat ulasan-ulasan mengenai kelebihan dan kekurangan suatu buku atau penulis. Anda juga bisa bergabung dengan komunitas-komunitas baca atau UKM di kampus yang memang menjuruskan pada peningkatan minat baca. Biasanya ada juga beberapa pihak kampus yang menyelenggarakan event semacam training leadership ataupun seminar. Dengan begitu selain wawasan Anda juga meningkat, Anda juga bisa menambah tali persaudaraan antar kelompok.


Nah sekarang sudah tahu kan apa saja yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan minat baca Anda? itulah beberapa hal yang bisa dengan mudah Anda coba terapkan dalam menambah tingkat bacaan dan minat baca Anda. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar