Pendidikan Anak Usia Dini
Literasi memiliki arti yang sangat luas untuk mendefinisikan. Tapi sebagai soal fakta itu dimulai bahkan sebelum anak mulai sekolah formal.Pendidikan Anak Usia Dini | Membaca dan menulis dianggap dua komponen yang paling penting untuk decoding dan encoding cetak dan juga menafsirkan dan mengkomunikasikan makna dengan bahasa tertulis . Anak-anak mulai mengikuti membaca dan proses penulisan baik sebelum memulai sekolah mereka . Namun, kegiatan mereka akan baku dan tidak dalam bentuk yang telah ditentukan tapi satu dapat dengan mudah melihat sekilas bunga keaksaraan melalui mereka . Misalnya, ketika orang tua membacakan cerita untuk anak, ia / dia berpura-pura bertindak atau mimikri
sama dalam satu atau bentuk lain yang menunjukkan minat baca . Anak belajar untuk memegang buku , memahami teks tertentu dan berhubungan sama dengan gambar juga . Ini adalah langkah pertama menuju proses keaksaraan . Membaca dan menulis diperkenalkan kepada anak dalam berbagai cara melalui bermain , bekerja , dan suasana rumah atau kegiatan masyarakat . Misalnya, menulis surat oleh orang tua untuk seorang kerabat , membaca Alkitab di gereja , mendengarkan cerita atau sajak dll adalah cara yang membuat koneksi dengan membaca dan menulis pada anak-anak .
Pengembangan keaksaraan dimulai pada pendidikan anak usia dini dengan beberapa kegiatan simbolik seperti pura-pura bermain , berbicara , menulis , berpura-pura menulis dan membaca . Anak-anak menemukan simbol-simbol mereka sendiri atau mereka diperoleh melalui budaya . Mereka mewakili pengalaman mereka , perasaan dan ide-ide melalui simbol-simbol yang meliputi gerak tubuh , kata-kata , model tanah liat , coretan atau tanda di atas kertas dan sebagainya . Anak-anak juga menciptakan dunia imajiner mereka sendiri melalui simbol-simbol ini . Ini jelas terlihat ketika mereka mengarang cerita ; terlibat dalam bermain pura-pura atau menarik beberapa gambar pada kertas dll dengan cara ini , simbol-simbol , kata-kata , berbicara , gambar dan memainkan menjadi " jembatan ke Literasi " .
Pendidikan Anak Usia Dini
Bermain : membuat koneksi dengan menulis dan membaca -
Bermain adalah kegiatan pertama di mana dasar membaca dan menulis dibangun dan yang juga mengkonsumsi maksimum waktu anak dan energi . Dalam bermain , anak-anak membuat hubungan penting antara pribadi mereka dan dunia luar . Mereka juga menemukan cara untuk membuat kegiatan budaya dihargai sebagai bagian dari permainan mereka . Ketika anak-anak terlibat dalam membaca dan menulis bermain terkait , mereka mencoba untuk memahami dan penggunaan keaksaraan sebelum mereka benar-benar belajar untuk membaca dan menulis . Pada saat yang sama mereka belajar untuk memperoleh berbagai macam pengetahuan dan keterampilan yang penting untuk menulis dan membaca di tahun-tahun sekolah . Bahkan ini merupakan kebiasaan keaksaraan awal dan membantu untuk membuat mereka sebagai pembaca potensial dan penulis .
Bermain berfungsi sebagai dua link penting untuk mengembangkan literasi tersebut . Pertama , Pretend Play, sebagai kegiatan simbolis , memungkinkan mereka untuk meningkatkan kemampuan mereka untuk menggunakan simbol-simbol dan mewakili perasaan dan pengalaman mereka dan untuk membangun dunia imajiner mereka sendiri . Kedua , Play dianggap sebagai pendekatan untuk mengalami berbagai peran yang berarti orang bisa yang membaca dan menulis . Menceritakan dan memberlakukan cerita menuntun mereka untuk berpartisipasi dalam menggambar sama kiasan , yang merupakan tahap awal belajar membaca dan menulis . Saat mereka tumbuh . Cerita-cerita ini menjadi rumit , kompleks dan abstrak . Bermain pura-pura mereka juga bergantung pada ide-ide , imajinasi dan bahasa . Anak-anak membahas pengaturan , karakter atau peran , dan plot untuk memberlakukan dalam bermain pura-pura . Mereka menciptakan dunia mereka mungkin untuk mengekspresikan dan mengkomunikasikan maknanya . Pada stadium lanjut , anak-anak mulai bermain dengan bahan penulisan seperti pensil , krayon , spidol , buku dan salinan dll ini adalah tahap ketika seorang anak siap untuk membaca / proses menulis untuk tahun-tahun berikutnya .
Dalam bermain , fokus pada eksplorasi daripada mencapai sesuatu . Mereka memiliki kebebasan untuk menemukan atau menciptakan kemungkinan atau ide-ide baru dalam melakukan berbagai hal , cara berpikir yang baru yang pada gilirannya menyebabkan mereka untuk menjadi pemecah masalah , pemikir yang lebih baik , dan pembuat keputusan yang lebih baik .
Pendidikan Anak Usia Dini
Blog Informasi biMBA AIUEO, biMBA AIEUO adalah bimbingan MINAT Baca dan Belajar Anak
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
-
Logo bimba aiueo logo bimba aiueo logo bimba aiueo logo bimba aiueo logo bimba aiueo
-
“Saya bergabung di biMBA AIUEO 7 th yang lalu dan jumlah cabang baru 150 unit, namun kini jumlah cabang biMBA AIUEO sudah 2087 unit di s...
-
Minat adalah kecenderungan jiwa yang tetap untuk memperhatikan dan mengenang beberapa aktivitas atau kegiatan (Slameto, 1995). Seseorang ya...
Tidak ada komentar:
Posting Komentar